Keranjang Belanja
Toko Kelinci Bakpao Rabbit Kelinci Gunung Berapi Meksiko

Mengenal Kelinci Gunung Berapi Asal Meksiko Yang Terancam Punah

  • Nama Umum : Kelinci gunung berapi
  • Nama Ilmiah : Romerolagus diazi
  • Jenis : Mamalia
  • Diet : Herbivora
  • Berat : Hingga 1 pon / 453 gram
  • Status Daftar Merah IUCN : Terancam Punah
blank
blank
Kelinci Gunung Berapi Meksiko Di Tengah Rumput Zacaton

Apa itu kelinci gunung berapi meksiko?

Mereka adalah mamalia bertelinga pendek dan berkaki pendek dan juga adalah salah satu kelinci terkecil di dunia dan dinamai sesuai dengan habitatnya yang unik: Ia hanya hidup di empat lereng gunung berapi yang telah tidak aktif di Meksiko tengah, sekitar 45 menit dari Mexico City. Kelinci gunung berapi terancam punah, dengan kurang dari 7.000 ekor diperkirakan masih berada di alam liar.

Deskripsi

Kelinci gunung berapi meksiko memiliki berat sekitar satu pon saat mereka dewasa (sekitar 453 gram). Telinganya pendek dan bulat, dan bulunya pendek, lebat, dan berwarna hitam atau cokelat, yang membantu kelinci berbaur dengan tanah vulkanik yang berbatu di habitatnya. Mereka berkembang biak terutama di bulan-bulan hangat dan hujan, dengan kehamilan biasanya berlangsung selama 40 hari. Kelinci tersebut krepuskular — paling aktif di pagi dan sore hari. Mereka biasanya menghabiskan waktu istirahat mereka di liang bawah tanah, tempat mereka tinggal dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga atau empat ekor.

Habitat dan pola makan

Kelinci gunung berapi bergantung pada jenis rumput tertentu yang disebut zacaton untuk bertahan hidup. Tumbuh dalam rumpun tebal di lereng alpen tempat tinggal kelinci. Kelinci gunung berapi bergerak melalui jalur di rerumputan, yang dibuat oleh pergerakan hewan lain. Zacaton, tinggi dan lebat, membantu kelinci bersembunyi dari predator, seperti musang ekor panjang, bobcats, dan elang ekor merah.

Zacaton juga merupakan komponen utama pakan kelinci gunung berapi, meskipun mendapat nutrisi tambahan dari berbagai dedaunan, seperti tumbuhan dan kulit pohon.

Ancaman

Kisaran kelinci gunung berapi telah terfragmentasi oleh pembangunan jalan raya, pertanian, dan perkotaan. Mereka sekarang ditemukan di kurang dari 20 petak padang rumput terbuka dan hutan pinus yang tidak terhubung, semuanya sekitar 10.000 hingga 12.000 kaki di atas permukaan laut di lereng gunung berapi. Fragmentasi habitat membuat sisa petak-petak menjadi kurang sehat: Benih menjadi sulit untuk menyebar, membatasi keanekaragaman dan kelimpahan kehidupan tanaman di tempat tertentu, menghabiskan sumber makanan kelinci.

Pertanian juga mengurangi sisa padang rumput. Sapi dan domba makan terlalu banyak zacaton, dan para petani membakar rumput untuk membuka lahan baru di padang rumput dan memotongnya.

Perubahan iklim juga merupakan ancaman. Satu studi menyimpulkan bahwa kenaikan suhu akan mendorong kelinci gunung berapi lebih tinggi ke pegunungan, mungkin sejauh 2.300 kaki selama abad berikutnya, semakin menyusutkan jangkauan mereka.

Konservasi

Meskipun berburu kelinci gunung berapi yang langka di Meksiko adalah ilegal, undang-undang tersebut sering kali tidak ditegakkan. Beberapa individu dari komunitas adat di dekat habitat kelinci gunung berapi sekarang terlibat dalam inisiatif konservasi. Salah satu komunitas adat, Milpa Alta, telah membentuk brigade konservasi yang membantu memantau kelinci, meskipun kelompok tersebut tetap berjuang walaupun kekurangan dana dan sumber daya.

  • Toko Kelinci
  • Jasa Grooming Kelinci
  • Jasa Grooming Guinea Pig
  • Adopsi Kelinci, Hamster , Guinea Pig
  • Jasa Pengobatan & Perawatan Kelinci Scabies
  • Jasa Perawatan Kelinci
  • Jasa Penitipan Hewan

Hubungi : https://wa.me/6285777800086

Bakpao Rabbit – Rabbit Petshop & Grooming Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *