Keranjang Belanja

6 hari pertama merawat LuckyBall, kelinci fuzzy lop yang kehilangan berat badannya !!

Halo, selamat pagi semua pecinta kelinci dimanapun kalian berada !! salah hangat dan salam sejahtera untuk semuanya. Di pagi hari ini, mimin mau cerita tentang pengalaman mimin yang merawat kelinci fuzzy lop bernama LuckyBall, punya Mbak Fidi yang ternyata badannya terlihat kurus saat kunjungan untuk grooming kelinci di toko Bakpao Rabbit.

Jadi, tepatnya di hari sabtu bulan maret, tepatnya di tanggal 13 maret 2021, kita kedatangan tamu untuk layanan grooming nih di Bakpao Rabbit, pelanggan yang udah gak asing lagi buat kita, Mbak Fidi. Seperti biasa, kelinci dilakukan pengecekan dahulu sebelum di grooming. Dan setelah groomer meluncur ke lantai 2 untuk proses grooming kelinci, mimin dapat laporan via whatsapp dari Mas Setyo, staff mimin yang ada di toko saat itu, bahwa si LuckyBall sepertinya dalam keadaan kurang fit. Terlihat sehat tapi seperti kelinci yang limbung dengan badan yang kurang berisi, tampak kurus.

Ok, setelah grooming selesai apa adanya, yang kita fokuskan ke bagian yang kotor aja, mimin langsung instruksikan Mas Setyo untuk memberikan Oxbow Critical Fine Grind saat itu dan dispet dengan madu untuk si LuckyBall.

Setelah mimin sampai di toko Bakpao Rabbit, (karena mimin masih di rumah saat itu), mimin langsung cek si kelincinya. Pas mimin raba si LuckyBall, ternyata memang benar kalau si kelinci jenis fuzzy lop ini lagi ada kendala soal berat badannya, tampak kurus dan terasa tulang punggung dan pinggulnya saat dipegang, makanya terlihat limbung, seperti tidak bisa menjaga keseimbangan badannya saat dia berdiri.

Setelah konfirmasi dengan Mbak Fidi sebagai pemilik kelinci ini, akhirnya diputuskan untuk ditinggal sementara di Bakpao Rabbit supaya kelinci bisa mimin bantu rawat. Berhubung masalah pada kelincinya masih bisa kita tanganin.

Analasis pertama, otomatis karena si kelinci LuckyBall jelas karena dia tidak makan dalam jumlah yang cukup sehingga badannya terlihat kurus seperti itu.

Analisis kedua, LuckyBall punya masalah penceraan, bukan diare, tapi lebih ke sembelit. Pada saat kelinci sembelit, biasanya kelinci jadi agak kurang nafsu makannya walaupun kita sebagai ownernya sudah memberikan si kelinci makanan yang cukup.

Untungnya si LuckyBall masih mau makan saat disuapin dengan Oxbow Critical Fine Grind. Kita langsung berikan 1 sendok takar dan diseduh dengan air hangat. Kita langsung suapin sampai habis.

blank
Oxbow Critical Care Fine Grind

Setelah selesai, kita anggap si LuckyBall perutnya sudah terisi, paling tidak ada makanan yang cukup yang sudah masuk ke perutnya, lalu untuk makanan hariannya, mimin langsung gunakan Oxbow Essentials Young Rabbit Food, kenapa harus pakai oxbow tipe young rabbit, padahal si LuckyBall adalah kelinci dewasa (ini kalau mimin gak salah ingat, soalnya Luckyball adopsinya di Bakpao Rabbit, dan sepertinya sudah lebih dari 6 bulan lalu) ? Nah, kandungan protein tinggi dalam Oxbow Essentials Young Rabbit Food bisa kita manfaatkan untuk menambah bobot si kelinci, selain itu seratnya juga tinggi sehingga kita tidak perlu khawatir jika si kelinci kekurangan serat. Dan selama ini si LuckyBall memang selalu makan pelet Oxbow. Langsung kita takar sebanyak satu genggam tangan full di mangkuk makannya.

blank
Oxbow Essentials Young Rabbit Food 5lb

Lalu, di mangkuk kedua, mimin berikan Oxbow Alfalfa Hay, sama seperti peletnya tadi, hay jenis ini mengandung banyak protein yang bagus untuk penambahan berat badan dan untuk kelinci yang membutuhkan nutrisi lebih.

blank
Oxbow Alfalfa Hay 15oz

Perawatan keempat, setiap hari secara terus menerus, si LuckyBall diberikan setengah butir Oxbow Natural Sience Digestive Support. Nah, suplemen dari Oxbow ini sangat bermaanfaat, terutama untuk kelinci yang punya riwayat penyakit pencernaan seperti GI statis.

blank
Oxbow Natural Science Digestive Support
blank
blank
Makanan Untuk Perawatan Harian LuckyBall

Berikut progressnya setelah dilakukan perawatan rutin seperti diatas :

  • Hari pertama bobot si kelinci adalah 1,019 Kg
  • Hari kedua setelah perawatan adalah 1,104 kg
  • Hari ketiga 1,133 kg
  • Hari keempat kita lupa nimbang. Hehe
  • Hari kelima 1,194 kg
  • Hari keenam 1,236 kg

Wah, benar-benar kemajuan yang pesat sekali !! Saat ini, LuckyBall sudah ada 10 hari di toko kelinci Bakpao Rabbit. Semoga si LuckyBall terus naik bobotnya, mimin sedangan mengejar target berat dia minimal adalah 1.5 kg. Setelah itu, perawatan dianggap selesai, dan kelinci bisa dibawa pulang.

blank
Bobot Hari Pertama LuckyBall Datang
blank
Bobot Hari Kedua LuckyBall
blank
Bobot Hari Ketiga LuckyBall
blank
Bobot Hari Kelima LuckyBall
blank
Bobot Hari Keenam LuckyBall

Semoga bisa jadi inspirasi teman-teman semua. Jangan pernah menyerah ketika kelinci atau hewan peliharaan kita jatuh sakit, tetap berusaha lakukan apa yang kita bisa dari apa yang kita tahu.

Jika hewan peliharaan kalian sakit, kalian bisa kunjungi dokter hewan terdekat untuk konsultasi.

Salam, BP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *