Keranjang Belanja

Apa benar memelihara kelinci itu harus lebih dari 1 ekor ?

Halo selamat pagi semua pecinta kelici dimanapun kalian berada !! Duh hari ini mimin begadang lagi nih, setelah seharian muter-muter Jakarta kulineran sama mas bro Yoga The Bachelor dan mas bro Tyo Bund’s Bunny. Biasaaaa, nyari martabakkk…. huahahaha…

Sebenernya mimin dah lamaaaaa banget pengen ngebahas ini di live instagram atau posting di instagram, tapi yooo waktunya gak sempet, banyak kerjaan, sekalinya ada waktu ya pagi-pagi begini, jam 4 pagi. Biasa begadang disuruh tidur yaa susah..

blank
Makan yukk makann… Rumput tetangga… Wkwkwkwk… Nyamm.. Nyamm.. Nyamm.. #RabbitLovers #FuzzyLopJr #BakpaoRabbit

Nah, jadi gini nih, beberapa hari lalu itu ada yang DM di instagram, kurang lebih kaya gini lah :“Min, saya kan pelihara kelinci 1 ekor, dan saya mau nambah kelinci lagi, soalnya saya denger-denger kalau melihara kelinci itu harus lebih dari 1 ekor yah ?, klo gak bakalan mati..”

Pokoknya gitu kira-kira pertanyaannya, soalnya saya lupa siapa yang bertanya dan saya cari-cari gak nemu di list DM instagram saya, saking banyaknya DM, pusing juga liatnya sebenarnya. Bukan maksud mimin gak mau bales DM yahh, cuma mimin lagi ngurusin yang lain-lain.

Ok lanjut, terus jawabannya apa ?

Menurut mimin, dari pengalaman, baca-baca buku, beli ebook, dan segala macam terawangan, NORMALNYA !! DI ALAM BEBAS NAN JAUH DISANA.. Kelinci itu hidupnya berkelompok !!! Hidup di satu koloni. Kelinci itu sendiri sebenarnya memang adalah hewan bersosial tinggi. Nah, jam aktif mereka di alam bebas biasanya sore hari hingga petang, dan pada saat fajar hingga matahari terbit untuk mencari makanan. Terkadang, mereka akan bersama-sama, tidur bareng, saling jilat satu sama lain, bahkan yang indukpun menyusui bayi kelinci indukan lain juga lho. Tapi jangan salah sangka dulu, kelinci juga bisa sangat teritorial, apa yah namanya.. hmm, semacam akan lebih agresif jika ada kelinci lain yang memasuki wilayahnya, kira-kira gitu. Bisa berantem jungkir balik dan tendang-tendangan.

Lalu apakah harus pelihara lebih 1 ekor aja apa lebih ?

TERGANTUNG !! Tergantung apa ? Hmm, mimin kasih 3 dulu deh sekarang.

  1. Karakter kelincinya yang sekarang dipelihara. Jika kelinci yang kamu sedang pelihara dirumah punya karakter yang kalem, gak agresif, kamu bisa pikirkan untuk memelihara kelinci lain yang bisa jadi teman kelincimu.
  2. Seberapa sering kamu berinteraksi dengan kelincimu di rumah ? Kelinci di rumah yang sering kita ajak main, kita ajak interaksi dan kelinci yang gak pernah diajak main itu akan punya karakter yang berbeda, kelinci yang jarang diajak interaksi biasanya yang sering mimin temuin, itu akan lebih agresif dan gualakkk. Walaupun yang sering diajak mainpun gak menjamin kelincinya kalem. Huehehe.
  3. Berapa usia kelinci kamu di rumah ? Kalau kelinci kamu di rumah sudah masuk kategori dewasa, 8 bulan atau 1 tahun lebih, mending urungkan niat buat nambah kelinci lagi, apalagi jika kamu dekat dengan kelinci yang ada saat ini. Terkadang ada kelinci yang cemburu lho. Beneran ada lho. Tapi kalau kelinci kamu masih junior, kalau pendapat mimin sih, ok ok aja, kelinci junior akan cenderung kalem dan gak agresif, mereka cenderung masih eksplor sana-sini dan mencari tahu apa yang ada sekeliling. Mereka akan senang jika ada kelinci lain di dekatnya, apalagi yang seumuran.

Terus mati gak sih kalau memelihara kelinci cuma 1 ekor ?

Ya nggak dong, kelinci gak bakalan mati walaupun hidup sendiri, yang bikin kelinci mati yang kalau kamu gak makan dan minum kelincinya.

Sebenarnya kamu memelihara kelinci 1 ekorpun itu gak masalah sama sekali, kamu akan lebih fokus ke 1 ekor hewan peliharaan kamu dan akan ada ikatan batin biasanya jika kamu benar-benar sayang sama kelincinya. Dan ada hal penting banget saat kamu memelihara hewan, jangan pernah menganggap hewan peliharaan, yaitu kelinci kamu sebagai benda mati. Yang hanya dikasih makan, minum, bersihin kandang, lalu ditinggal.

Kamu harus sering-sering berinteraksi dengan kelincinya, jangan biarkan kelinci hanya ada di kandang. Kaki berbulu mereka yang lucu itu diciptakan untuk melompat di ladang rumput yang luas. Biarkan kelincimu bahagia dan jadi kelinci seutuhnya, luangkan waktumu untuk bermain dengan kelinci di rumah, cobalah dari hal kecil seperti memberi makanan kesukaan kelinci kamu dengan menggunakan tangan.

blank
#KelinciMain

Kelinci akan merasa nyaman, gembira, dan tidak akan merasa kesepian karena kelinci merasa ditemani. Kelinci kamu akan menyambutmu dengan sangat senang saat kamu pulang kerja menghampiri dia.

Kira-kira itu aja yang bisa mimin sampaikan, semoga bisa jadi pencerahan buat temen-temen semua. Kalau ada yang kurang harap dimaklumi yooo.

Penuhi selalui kebutuhan kelincimu, perhatikan kesehatannya dan sayangi mereka. Tidur lagi ah.. ekekek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *