Keranjang Belanja
Toko Kelinci Bakpao Rabbit - Bayi Kelinci

Bayi Kelinci Usia 2 Minggu Terkena Scabies Dari Induknya, Harus Bagaimana ?

Halo, siang kemarin sekitar jam 2 siang, mimin mendapatkan pesan langsung di instagram Bakpao Rabbit. Dan di pagi hari ini, mimin kebetulan sedang begadang dan akan mencoba membantu menjawabnya. Kira-kira apa yang harus kita lakukan jika bayi kelinci yang baru lahir sekitar 2 minggu yang lalu terinfeksi scabies yang ditularkan dari induknya. Yuk, kita bantu jawab.

blank
Pertanyaan dari Instagram

Pertama, mimin akan coba membantu dengan menjawab berdasarkan pengalaman mimin selama ini, dan kasus seperti ini pernah mimin alami sebelumnya. Mudah-mudahan jawabannya bisa membantu atau bisa dijadikan referensi.

  1. Pastikan indukan segera diobati, kamu bisa gunakan obat scabies yang bisa didapatkan di marketplace. Karena indukan dikatakan sedang hamil lagi, maka dosisnya bisa kamu kurangi. Kelinci hamil, boleh saja diobati dengan obat scabies. Mimin merekomendasikan untuk menggunakan obat tetes oral dengan dosis dikurangi / lebih sedikit.
  2. Untuk bayi kelinci, kamu bisa membeli obat scabies oral, lalu bisa ambil cairan obat tersebut menggunakan cotton buds yang kapasnya sudah ditipisi. Oleskan tipis di bagian tubuh bayi kelinci dimana scabies muncul.
  3. Segera cuci semua peralatan kelinci yang ada, mulai dari kandang, tempat makan, tempat minum, alas kandang plastik, dll menggunakan cairan antikuman / antiseptik seperti air dicampur dettol, air dicampur karbol (harus karbol anti-kuman, mimin menyarankan Wipol aroma cemara). Benda-benda yang menyerap air yang ada di kandang, seperti kotak kayu box untuk melahirkan (jika ada) bisa dicuci juga, tapi pengeringan mungkin bisa makan waktu lebih lama. Gantungan mainan berisi hay, atau gantungan mainan dengan bahan kain, tidak usah dicuci, segera jemur di panas siang hingga sore hari. Sisa-sisa hay yang sudah lama, segera dibuang untuk diganti yang baru.
  4. Setelah barang-barang semua dicuci, segera jemur di terik panas siang hingga benar-benar kering.
  5. Pastikan juga lingkungan dimana lokasi kandang berada di steril, dibersihkan, disapu, dipel, menggunakan karbol anti kuman sama seperti point 3. Pastikan kering sebelum dijadikan lokasi peletakkan kandang kembali.
  6. Point 1 dan 2 bisa diulang kembali 1 minggu kemudian, tidak perlu dilakukan setiap hari. Lakukan hanya hingga 4 kali. Jika belum sembuh bisa diulang 2 minggu kemudian.
  7. Hentikan mengawinkan kelincinya kembali. Jika itu tidak sengaja, harap lakukan pencegahan. Jika salah satu kelinci di rumah kamu sedang sakit penyakit kulit, maka akan dengan cepat tersebar dan menulari hewan lain di satu lingkungan tersebut, tidak hanya kelinci. Selain itu, kamu akan kerepotan mengurus banyak kelinci.
  8. Untuk peletakkan kandang / lokasi tempat tinggal kelinci yang mimin bahas di point 5, pastikan sirkulasi udara bagus, lingkungan tidak lembab, dan tidak dekat dengan sumber sumber yang bersifat lembab. Contoh, kandang disamping kamar mandi, dekat tempat mencuci, dll.
  9. Kamu bisa hubungi dokter hewan terdekat jika dirasa perlu.
  10. Perlu diingat, scabies adalah penyakit kulit yang perlu perawatan secara teratur dan telaten. Jika kamu lalai sedikit saja, scabies tidak akan sembuh-sembuh.
blank
Cerita Pelanggan Bakpao Rabbit, Scabies Pada Kelincinya Tidak Hilang Selama Setahun

Semoga apa yang mimin tulis disini bisa sedikit membantu. Dan mimin doakan supaya kelinci di rumahmu kembali sehat sedia kala. Mungkin dari tulisan ini ada beberapa yang kurang atau mungkin terlewatkan oleh mimin untuk ditulis.

Salam pecinta kelinci,

Bakpao Rabbit

  • Toko Kelinci
  • Jasa Grooming Kelinci
  • Jasa Grooming Guinea Pig
  • Adopsi Kelinci, Hamster , Guinea Pig
  • Jasa Pengobatan & Perawatan Kelinci Scabies
  • Suntuk Scabies Kelinci
  • Jasa Perawatan Kelinci
  • Jasa Penitipan Hewan

Hubungi : https://wa.me/6285777800086

Bakpao Rabbit – Rabbit Petshop & Grooming Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *