Keranjang Belanja

Berapa kali suntik sih supaya scabies pada kelinci benar-benar sembuh ?

Halo semua pecinta kelinci di Indonesia !! Sudah lama sekali mimin gak update artikel setelah mimin Bakpao Rabbit kehilangan websitenya beberapa bulan lalu dan harus membangun ulang website dan aplikasinya. Benar-benar capek, tapi gak apa, karena ini memang sudah jadi tugas mimin. Ekekek.

Nah, di kesempatan pagi ini, ini mimin ngetik jam 4 pagi karena gak bisa tidur, mau ngebahas cerita tentang kelinci yang gak sembuh-sembuh scabiesnya, padahal sudah di suntik. Lho kok bisa ? Gak tahunya nyuntiknya baru sekali cakk. Ampunn deh, pantes belum sembuh total.

Lah, terus emangnya harus berapa kali suntik sih supaya scabiesnya bener-bener ilang ? Kasihan kan nempel banyak banget di kelincinya.

Pertama, kita ngebahas tentang obatnya dahulu, obat yang dipakai biasanya berbeda-beda. Beda merek, beda kandungan, dan beda takaran suntik per suntikannya. Obat scabies populer yang dipakai oleh banyak orang untuk mengobati kelinci itu ada Wormectin, Ivermectin, Kepromec, Intermectin, Ivomec Super, dll.

Nah, takarannya itu berbeda-beda setiap merek karena memang kandungan di dalamnya berbeda, contohnya wormectin yang dosis terendahnya adalah untuk kucing atau anjing dengan takaran 0,02 ml per kg berat badan per hari. Dosis ini bisa dipakai juga untuk kelinci.

Mimin sendiri nyuntik ke kelinci dengan dosis 0,1 ml untuk kelinci dengan ukuran yang tidak terlalu berat seperti jenis holland lop atau netherland dwarf. Dan menurut mimin, itu masih dalam kategori yang pas untuk si kelinci ataupun kucing mimin.

Kedua, setelah melakukan penyuntikan, efek obat tersebut akan terasa setelah lewat 7 hari, akan ada scabies yang mulai rontok dan itu akan terlihat jelas di nampan tempat kelinci membuang kotorannya. Nah, setelah 7 hari, itu wajib yang namanya menyuntik kembali kelinci. Jadi gak setiap hari disuntuk jika dosisnya 0,1 atau lebih.

Lalu berapa kali suntik supaya scabies pada kelinci benar-benar hilang ?

Mimin sendiri selalu menyarankan untuk suntik sampai 3 – 4 kali injeksi setiap minggunya. Tapi memang tergantung tingkat keparahan scabies yang diderita si kelinci tentunya.

Pernah ada kasus scabies yang benar-benar parah dimana kelincinya seluruh tubuhnya dipenuhi oleh scabies hingga bulu kelincinya tidak ada alias botak. Dan itu butuh waktu sekitar 2 bulan penuh untuk membuat kelinci seperti sedia kala. Paling tidak, scabies nya sudah tidak ada lagi, walaupun bulunya masih belum tumbuh secara total.

Perawatan yang baik dan benar dan rutin megobati kelinci akan mempercepat kesembuhan si kelinci itu sendiri.

Konsultiasikan kesehatan kelinci kamu ke dokter hewan kepercayaan kalian atau bisa menghubungi seseorang yang memiliki pengalaman merawat kelinci yang sedang scabies.

4 comments

  1. Spierzieg

    Ijin tanya kak.Kelinci aku scabies nya udah sampai kaki,ekor, hidung,telinga untung tingkat keparahan seperti itu dalam seminggu suntik nya berapa kali ya?Terimakasih

    1. Bakpao Rabbit

      Halo, sebenarnya separah apapun kelincinya, tetap untuk penyuntikannya disarankan paling cepat adalah 1 minggu 1 kali. lakukan hingga sembuh. Maksimal hingga 5 kali suntik. Jika belum sembuh, delay dahulu 2 minggu, baru suntik kembali. Semoga membantu. Jika butuh bantuan, hubungi whatsapp : https://wa.me/6285777800086

  2. Fuzzy lop ku di suntik scabies terus udh mulai rontok kak, belakang telinganya luka & botak.. Skrg udh ngga, gemes bgt liat ky ketombe mruluk wkwk…
    Aku semprort flea dr racoon, boleh gk dicukur terus dimandiin 1x aja biar d groomingnya keliatan si ketombe” scabies

    1. Bakpao Rabbit

      Semoga kelincinya lekas sembuh. Nah, itu namanya Fur Mites jika melihat ketombe-ketombe kecil di sekitar bagian punggung. Masih satu keluarga dengan scabies. Pengobatannya pun hampir sama. Sebenarnya lebih bagus jika dicukur dahulu , jadi sisa sisa ketombe tersebut hilang dan telur telur fur mites juga hilang. Nanti bisa juga jika sudah dicukur dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Tapi tanpa cukurpun bisa dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Kamu bisa ke Bakpao Rabbit untuk memandikan kelinci dan bisa pilih grooming perawatan kelinci scabies disini : https://bakpaorabbit.com/product/grooming-perawatan-scabies-kelinci/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *