Keranjang Belanja

Berapa kali suntik sih supaya scabies pada kelinci benar-benar sembuh ?

Halo semua pecinta kelinci di Indonesia !! Sudah lama sekali mimin gak update artikel setelah mimin Bakpao Rabbit kehilangan websitenya beberapa bulan lalu dan harus membangun ulang website dan aplikasinya. Benar-benar capek, tapi gak apa, karena ini memang sudah jadi tugas mimin. Ekekek.

Nah, di kesempatan pagi ini, ini mimin ngetik jam 4 pagi karena gak bisa tidur, mau ngebahas cerita tentang kelinci yang gak sembuh-sembuh scabiesnya, padahal sudah di suntik. Lho kok bisa ? Gak tahunya nyuntiknya baru sekali cakk. Ampunn deh, pantes belum sembuh total.

Lah, terus emangnya harus berapa kali suntik sih supaya scabiesnya bener-bener ilang ? Kasihan kan nempel banyak banget di kelincinya.

Pertama, kita ngebahas tentang obatnya dahulu, obat yang dipakai biasanya berbeda-beda. Beda merek, beda kandungan, dan beda takaran suntik per suntikannya. Obat scabies populer yang dipakai oleh banyak orang untuk mengobati kelinci itu ada Wormectin, Ivermectin, Kepromec, Intermectin, Ivomec Super, dll.

Nah, takarannya itu berbeda-beda setiap merek karena memang kandungan di dalamnya berbeda, contohnya wormectin yang dosis terendahnya adalah untuk kucing atau anjing dengan takaran 0,02 ml per kg berat badan per hari. Dosis ini bisa dipakai juga untuk kelinci.

Mimin sendiri nyuntik ke kelinci dengan dosis 0,1 ml untuk kelinci dengan ukuran yang tidak terlalu berat seperti jenis holland lop atau netherland dwarf. Dan menurut mimin, itu masih dalam kategori yang pas untuk si kelinci ataupun kucing mimin.

Kedua, setelah melakukan penyuntikan, efek obat tersebut akan terasa setelah lewat 7 hari, akan ada scabies yang mulai rontok dan itu akan terlihat jelas di nampan tempat kelinci membuang kotorannya. Nah, setelah 7 hari, itu wajib yang namanya menyuntik kembali kelinci. Jadi gak setiap hari disuntuk jika dosisnya 0,1 atau lebih.

Lalu berapa kali suntik supaya scabies pada kelinci benar-benar hilang ?

Mimin sendiri selalu menyarankan untuk suntik sampai 3 – 4 kali injeks dalam satu bulan dan setiap minggunya cukup 1 kali suntikan (pastikan disuntik di hari yang sama, jadwal per 7 hari). Jika belum sembuh, bisa dilanjutkan 2 minggu kemudian.

Pernah ada kasus scabies yang benar-benar parah dimana kelincinya seluruh tubuhnya dipenuhi oleh scabies hingga bulu kelincinya tidak ada alias botak. Dan itu butuh waktu sekitar 2 bulan penuh untuk membuat kelinci seperti sedia kala. Paling tidak, scabies nya sudah tidak ada lagi, walaupun bulunya masih belum tumbuh secara total.

Perawatan yang baik dan benar dan rutin megobati kelinci akan mempercepat kesembuhan si kelinci itu sendiri.

Konsultiasikan kesehatan kelinci kamu ke dokter hewan kepercayaan kalian atau bisa menghubungi seseorang yang memiliki pengalaman merawat kelinci yang sedang scabies.

14 comments

  1. Spierzieg

    Ijin tanya kak.Kelinci aku scabies nya udah sampai kaki,ekor, hidung,telinga untung tingkat keparahan seperti itu dalam seminggu suntik nya berapa kali ya?Terimakasih

    1. Bakpao Rabbit

      Halo, sebenarnya separah apapun kelincinya, tetap untuk penyuntikannya disarankan paling cepat adalah 1 minggu 1 kali. lakukan hingga sembuh. Maksimal hingga 5 kali suntik. Jika belum sembuh, delay dahulu 2 minggu, baru suntik kembali. Semoga membantu. Jika butuh bantuan, hubungi whatsapp : https://wa.me/6285777800086

  2. Fuzzy lop ku di suntik scabies terus udh mulai rontok kak, belakang telinganya luka & botak.. Skrg udh ngga, gemes bgt liat ky ketombe mruluk wkwk…
    Aku semprort flea dr racoon, boleh gk dicukur terus dimandiin 1x aja biar d groomingnya keliatan si ketombe” scabies

    1. Bakpao Rabbit

      Semoga kelincinya lekas sembuh. Nah, itu namanya Fur Mites jika melihat ketombe-ketombe kecil di sekitar bagian punggung. Masih satu keluarga dengan scabies. Pengobatannya pun hampir sama. Sebenarnya lebih bagus jika dicukur dahulu , jadi sisa sisa ketombe tersebut hilang dan telur telur fur mites juga hilang. Nanti bisa juga jika sudah dicukur dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Tapi tanpa cukurpun bisa dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Kamu bisa ke Bakpao Rabbit untuk memandikan kelinci dan bisa pilih grooming perawatan kelinci scabies disini : https://bakpaorabbit.com/product/grooming-perawatan-scabies-kelinci/

  3. Haloo kak, aku punya kelinci kena scabies jari2 dan kupingnya. Kalo aku suntik tiap 2 hari kira2 bisa ga ya? Habis bingung kak, di google ada yg bilang tiap hari ada yg bilang 3-4 kali seminggu. Lalu apa sebenernya scabies bikin gatal2 di kulit manusia? Terima kasih

    1. Bakpao Rabbit

      Jadi begini, kalau menyuntik kelinci 2 hari berturut turut, itu bisa bahaya buat kelinci, efek obat injeksi tersebut ada efek panas ketika disuntikkan ke kelinci. (serius, mimin pernah gak sengaja kesuntik dan panas di kulitnya). Dengan dosis yang tepat, alangkah baiknya suntiknya per minggu atau per 2 minggu. itu balik lagi sudah separah apakah scabies pada kelinci tersebut. Bisa juga dibantu dengan obat oles cair (bukan krim), nanti bisa dioles di sumber scabiesnya. Oh ya, scabies itu penyakit yang ada di manusia juga, biasanya kalau kita tertular dari kelinci (biasanya kalau kita sering kontak dengan kelinci yang sedang sakit scabies), itu di bagian kulit kita yang terbuka, semisal lengan tangan, akan terasa gatal-gatal, dengan bintik merah kecil-kecil. ini bisa diobati dengan obat kulit, minyak kayu putih, dan jangan lupa mandi. Kalau kita mandi teratur, dan memberikan pengobatan ke kulit kita yang terpapar scabies, itu akan sembuh dengan cepat. Terakhir mimin ngalamin, tangan gatal hingga perut, itu 4 harian baru hilang. itu terjadi karena mimin memang kontak langsung dengan banyak kelinci yang sedang sakit scabies. semoga jawaban ini membantu.

  4. kelinciku terkena scabies lumayan parah,anjuran temanku nyuntiknya 2 hari sekali dengan dosis 0,1/bb.
    aku kasih 0,2 tiap 2 hari sekali baru berjalan 2x suntikan min..

    mohon pencerahanya,bagaimana baiknya

    1. Bakpao Rabbit

      Kalau mimin sendiri, untuk suntiknya 1 minggu 1 x, maksimal 4x dalam sebulan. dilanjut lagi 2 minggu kemudian jika belum sembuh. suntik 2 hari sekali itu sangat berbahaya buat kelinci. Selain itu kelinci bisa kebal dengan obat scabiesnya, jadi scabiesnya gak sembuh sembuh (ini pengalaman pribadi mimin, ada kelinci yang kebal dengan obat scabies manapun, karena mungkin sebelumnya disuntik terlalu sering, sehingga pas kelinci kena scabies lagi, tubuh kelincinya tidak merespon khasiat dari obat injeksi tersebut, kelincinya hingga 1 tahun lebih tidak sembuh-sembuh). Dosisnya memang tergantung obat yang digunakan, jika menggunakan wormectin, bisa gunakan dosis 0.1 – 0.2 ml, jika kelincinya lebih kecil, bagusnya gunakan dosis yang lebih rendah. Sebenarnya dosis segini termasuk besar, karena dosis sebenarnya hanya sekitar 0.01 – 0.02 ml / kg berat badan. Tapi dari pengalaman, efek sembuhnya sangatlah lama. Semoga jawaban ini membantu, Terima kasih.

  5. Ijin nanya min. Kelinci saya seperti ada kerak di dalam lubang telinganya. Di daun telinga dan badan tidak ada. Apakah itu termasuk scabies juga?

    1. Bakpao Rabbit

      Itu bisa jadi Ear Mites, masih satu kerabat dengan Scabies & Fur Mites. Bedanya, si Ear Mites ini menyerang bagian dalam telinga hewan. Pengobatannya sama dengan pengobatan Scabies. Semoga jawabannya membantu.

  6. Harusnya dosis yg tepat untuk kelinci bb sekitar 2kg berapa ya min? 0.2ml kebanyakan nggk sih min?apa itu termasuk over dosis? Kalau terlanjur 0.2ml/ minggu gimana min

    1. Bakpao Rabbit

      Hi, maaf yah mimin baru sempat membalasa. Normalnya bukan 0.2 ml per kg, tetapi 0.02 ml per kg.

  7. Kalau sudah di injeksi apa boleh menyemprotkan obat semprot d bagian yg berkerak

    1. Bakpao Rabbit

      Hai, maaf yah mimin baru sempat membalas. Bisa banget.. kamu bisa menyemprotkan obat khusus scabies di bagian yang terinfeksi. itu bisa membantu mempercepat penyembuhan, akan tetapi, suntik saja sudah cukup kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *