Keranjang Belanja

Kelinci dan Naluri Bertahan Hidup – Bagian 1

Semua spesies hewan memiliki naluri untuk mempertahankan diri, bahkan yang telah dijinakkan selama ribuan tahun. Kamu bisa melihat naluri itu dalam perilaku hewan yang hidup sebagai mangsa seperti kelinci, begitu pula pada tingkah laku predator yang mengejar mereka.

Predator umumnya karnivora – tubuh mereka dirancang terutama untuk mencerna protein. Tidak ada mangsa, tidak makan; sesederhana itu. Jadi, predator menghabiskan waktu berjam-jam untuk berburu dan mengintai makanan yang kemungkinan besar. Ketika mereka menyerang, mereka mencakar dan menggigit untuk mencegah mangsanya melarikan diri, yang lebih sering terjadi daripada tidak.

Kelinci, bagaimanapun, adalah hewan yang hidup sebagai mangsa. Mereka hidup dikelilingi dengan makanan mereka, tanaman hijau yang lezat, tetapi hidup mereka hampir tidak indah seperti berjalan-jalan di taman. Kelinci harus menyelinap diam-diam, melompat secara diam-diam, lalu bersembunyi. Jadi, apa yang sebenarnya dipikirkan kelinci?

Ketika kamu pertama kali membawa kelinci ke dalam lingkunganmu, memeliharanya (artinya tempatmu akan menjadi tempat untuk membesarkan mereka, entah itu rumah, gudang, atau bangunan lain), bahkan kelinci yang sudah terbiasa dipelihara dan hidup dengan manusia akan tetap membawa semua naluri bertahan hidup mereka bersama mereka. Ketakutan dan penakut, mereka khawatir dengan suara keras dan dikejutkan oleh gerakan cepat.

Tapi setelah beberapa hari atau minggu, mereka menjadi terbiasa dengan lingkungan baru mereka, mereka mulai menyambut kedatanganmu saat kamu mendekati area mereka dan terbiasa dengan suara umum yang ada di sekitar. Anjing atau kucing peliharaan keluarga mungkin memang bisa menjadi teman untuk mereka. Namun, meskipun mereka belajar untuk tetap nyaman di rumah baru mereka, kelinci tidak pernah kehilangan kewaspadaan mendasar yang melekat pada spesies mereka.

Sebagai hewan yang hidup sebagai mangsa, berikut adalah pertanyaan yang umum tentang kelinci dan naluri bertahan hidup mereka. Selamat membaca.

Pertanyaan : Mengapa kelinci menghentakkan kaki belakangnya?

Jawaban :

Kelinci jantan (buck) sering menghentakkan kaki belakang mereka setelah dikawinkan dengan seekor betina (doe), yang kemungkinan besar untuk menandakan dominasi terhadap pejantan lain di sekitarnya. Kelinci jantan maupun betina juga akan melakukan peringatan dengan menghentakkan kaki mereka sebagai tanda untuk kelinci terdekat lainnya jika mereka merasakan bahaya sedang mendekat.

blank
Kelinci Menghentakkan Kaki

Pertanyaan : Mengapa kelinci memiliki telinga yang sangat besar?

Jawaban :

Telinga kelinci berukuran besar memiliki setidaknya dua tujuan. Pertama, berfungsi sebagai AC atau pendingin, dimana telingan kelinci membantu kelinci memelihara suhu tubuh normalnya. Kelinci sangat mudah kepanasan karena tidak bisa berkeringat. Pada telinga kelinci, ada mengandung pembuluh darah besar yang sangat dekat dengan permukaan kulit. Saat suhu kelinci naik, panas tubuh berlebih menghilang dari pembuluh darah itu, mendinginkan kelinci. Kedua, telinga besar itu berfungsi seperti piringan radar, dimana telinga kelinci bergerak dan berputar untuk mendengerkan semua suara di sekitar kelinci. Itu adalah salah satu bukti bahwa sebagai hewan yang hidup sebagai mangsa di alam liar, tidak begitu saja ditinggalkan sepenuhnya tidak berdaya melawan predator. Kelinci memiliki kemampuan bertahan diri yang sangat sedikit untuk melindungi dirinya sendiri dari predator, pendengarannya yang tajam setidaknya memungkinkan kelinci untuk mendengar dengan baik saat predator mendekat.

toko kelinci bakpao rabbit telinga kelinci
Telinga Kelinci

Pertanyaan : Apakah kelinci tidak lelah karena hidung mereka terus bergerak-gerak dengan cepat?

Jawaban :

Kamu pasti sering melihat hidung kelinci bergerak dengan cepat, bukan? Lubang hidung mereka terlihat terangkat dan mengembang dengan cepat setiap kali kelinci mengambil napas dimana sebenarnya kelinci ada dalam keadaan waspada. Gerakan ini meningkatkan kemampuan kelinci untuk menganalisis bau di udara. Selama jam aktif mereka, biasanya saat fajar dan saat senja, kelinci, dengan hidung mereka, menarik banyak oksigen dan mengambil sampel arus udara untuk menganalisis bahaya disekitar. Kelinci akan membiarkan hidungnya beristirahat saat mereka tidur siang, makan, dan biasanya bernapas dengan rileks, yang sebenarnya berlangsung cukup lama – sekitar 16 jam per hari, baik kelinci di alam liar atau di dalam kandang.

blank
Hidung Kelinci Bergerak-gerak

Pertanyaan : Mengapa kelinci menggali liang?

Jawaban :

Kelinci liar Eropa, Oryctolagus Cuniculus, hidup di liang bawah tanah yang besar. Semua kelinci domestik, juga diklasifikasikan sebagai Oryctolagus cuniculus, diturunkan dari ini kelinci liar, jadi perilaku menggali dikodekan dalam DNA mereka. Kelinci domestik, biasanya betina lah yang lebih mungkin dan sering menggali liang daripada jantan, terutama pada saat mereka hamil dan harus segera menyiapkan sarang mereka. Sebaliknya, Kelinci Cottontail Timur (Sylvilagus Floridanus) dan spesies kelinci liar lainnya yang ditemukan di Amerika Utara tidak menggali sama sekali. Sebaliknya, mereka mengikis lekukan di tanah di area dengan rerumputan tinggi.

blank
Kelinci liar Eropa, Oryctolagus Cuniculus
blank
Kelinci Cottontail Timur

Pertanyaan : Mengapa kelinciku menggali di kandangnya?

Jawaban :

Menggali liang adalah insting naluriah kelinci, jadi jika ada pertanyaan “apakah karena kelinciku hamil?”, belum tentu, karena kelinci kamu hanya menunjukkan perilaku kelinci yang normal. Namun jika kamu baru-baru ini membiakkan kelinci betinamu, mengawinkannya dengan kelinci jantan, maka terus-menerus mereka akan menggali, terutama di sudut-sudut kandang, itu bisa menjadi tanda keberhasilan kehamilan yang meyakinkan. Jika kamu tidak membiakkannya, itu mungkin petunjuk bahwa dia secara tidak sengaja melakukan kontak dengan seekor pejantan dalam beberapa minggu terakhir, yang mungkin jika kamu punya kelinci yang berbeda jenis kelamin di rumah dan dilepaskan bersama pada saat jam bermain mereka dan kamu tidak sadar terjadi “kecelakaan” yang membuat kelinci betinamu hamil. Menggali sudut kandang juga bisa menjadi tanda kehamilan palsu yang akan kita bahas di artikel lain.

blank
Kelinci Menggali Liang

Akan dilanjut ke Bagian 2 di artikel selanjutnya disini. 🙂

  • Toko Kelinci
  • Jasa Grooming Kelinci
  • Jasa Grooming Guinea Pig
  • Adopsi Kelinci, Hamster , Guinea Pig
  • Jasa Pengobatan & Perawatan Kelinci Scabies
  • Jasa Perawatan Kelinci
  • Jasa Penitipan Hewan

Hubungi : https://wa.me/6285777800086

Bakpao Rabbit – Rabbit Petshop & Grooming Center

One comment

  1. […] Ini adalah artikel dari lanjutan artikel sebelumnya di link : Kelinci dan Naluri Bertahan Hidup – Bagian 1 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *