Keranjang Belanja

Mengapa Kelinci Membutuhkan Serat?

Serat sangat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup kelinci. Itu menjaga populasi bakteri usus kelinci seimbang dan sehat. Bahkan dengan bantuan bakteri, banyak serat dalam makanan kelinci tetap tidak tercerna, indikasi betapa pentingnya serat untuk kesehatan kelinci. Sebagai perbandingan, sapi, dengan empat bagian perutnya, mencerna 44 persen selulosa yang mereka telan, sedangkan kelinci hanya mencerna 14 persen.

blank
Pelet Oxbow Berserat Tinggi

Alih-alih hanya memberikan nutrisi, serat berkontribusi pada tindakan dan fungsi normal usus. Serat yang tidak tercerna menyediakan sebagian besar digesta yang membuat saluran usus tetap berjalan. Serat yang cukup membantu meningkatkan waktu transit usus dan menghilangkan penyumbatan; itu juga mengurangi atau mengontrol tingkat di mana serat dipecah menjadi potongan-potongan karbohidrat sederhana (karena kecepatan transit), yang penting untuk menjaga populasi bakteri berbahaya.

blank
Kelinci Makan Pelet

Pakan pelet yang baik memiliki serat yang cukup sehingga Anda mungkin tidak perlu menawarkan jerami tambahan, meskipun kelinci membutuhkan beberapa gigitan ekstra dari jerami. Perhatikan bahwa serat pelet harus panjang dan berserat daripada digiling hampir menjadi bubuk. Ini karena potongan serat yang halus bertindak kurang seperti serat dan lebih seperti gula. Di sekum, aksi otot memisahkan potongan serat yang lebih besar, yang diekskresikan dalam pelet tinja bundar. Tetapi potongan serat yang sangat halus tetap berada di sekum, di mana aksi bakteri dapat dengan cepat mereduksi bubuk serat menjadi gula.

blank
Kelinci Makan Pelet

Serat membantu menjaga populasi bakteri penyakit tetap rendah. Kelimpahan gula sederhana – baik serat kompleks rendah atau terlalu banyak serat tepung – adalah apa yang disukai kuman. Populasi mereka tiba-tiba bisa berkembang biak, membanjiri aliran darah dengan racun. Hasilnya adalah enterotoxemia (diare berat) yang berakhir dengan kematian kecuali kelinci mati dengan cepat karena syok septik sebelum diare dapat terjadi.

  • Toko Kelinci
  • Jasa Grooming Kelinci
  • Jasa Grooming Guinea Pig
  • Adopsi Kelinci, Hamster , Guinea Pig
  • Jasa Pengobatan & Perawatan Kelinci Scabies
  • Suntuk Scabies Kelinci
  • Jasa Perawatan Kelinci
  • Jasa Penitipan Hewan

Hubungi : https://wa.me/6285777800086

Bakpao Rabbit – Rabbit Petshop & Grooming Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *