Berapa kali suntik sih supaya scabies pada kelinci benar-benar sembuh ?

Halo semua pecinta kelinci di Indonesia !! Sudah lama sekali mimin gak update artikel setelah mimin Bakpao Rabbit kehilangan websitenya beberapa bulan lalu dan harus membangun ulang website dan aplikasinya. Benar-benar capek, tapi gak apa, karena ini memang sudah jadi tugas mimin. Ekekek.

Nah, di kesempatan pagi ini, ini mimin ngetik jam 4 pagi karena gak bisa tidur, mau ngebahas cerita tentang kelinci yang gak sembuh-sembuh scabiesnya, padahal sudah di suntik. Lho kok bisa ? Gak tahunya nyuntiknya baru sekali cakk. Ampunn deh, pantes belum sembuh total.

Lah, terus emangnya harus berapa kali suntik sih supaya scabiesnya bener-bener ilang ? Kasihan kan nempel banyak banget di kelincinya.

Pertama, kita ngebahas tentang obatnya dahulu, obat yang dipakai biasanya berbeda-beda. Beda merek, beda kandungan, dan beda takaran suntik per suntikannya. Obat scabies populer yang dipakai oleh banyak orang untuk mengobati kelinci itu ada Wormectin, Ivermectin, Kepromec, Intermectin, Ivomec Super, dll.

Nah, takarannya itu berbeda-beda setiap merek karena memang kandungan di dalamnya berbeda, contohnya wormectin yang dosis terendahnya adalah untuk kucing atau anjing dengan takaran 0,02 ml per kg berat badan per hari. Dosis ini bisa dipakai juga untuk kelinci.

Mimin sendiri nyuntik ke kelinci dengan dosis 0,1 ml untuk kelinci dengan ukuran yang tidak terlalu berat seperti jenis holland lop atau netherland dwarf. Dan menurut mimin, itu masih dalam kategori yang pas untuk si kelinci ataupun kucing mimin. Untuk kelinci yang lebih kecil baiknya dosisnya langsung dikurangi setengahnya.

Kedua, setelah melakukan penyuntikan, efek obat tersebut akan terasa setelah lewat 7 hari, akan ada scabies yang mulai rontok dan itu akan terlihat jelas di nampan tempat kelinci membuang kotorannya. Nah, setelah 7 hari, itu wajib yang namanya menyuntik kembali kelinci. Jadi gak setiap hari disuntuk jika dosisnya 0,1 atau lebih.

Sangat tidak disarankan untuk memberi obat secara terus menerus, contoh diberikan setiap hari. Ingat, semua obat yang masuk ke tubuh kelinci, baik itu injeksi ataupun oral, semuanya mempengaruhi kesehatan dan kinerja ginjal si kelinci.

Lalu berapa kali suntik supaya scabies pada kelinci benar-benar hilang ?

Mimin sendiri selalu menyarankan untuk suntik sampai 3 – 4 kali injeks dalam satu bulan dan setiap minggunya cukup 1 kali suntikan (pastikan disuntik di hari yang sama, jadwal per 7 hari). Jika belum sembuh, bisa dilanjutkan 2 minggu kemudian.

Pernah ada kasus scabies yang benar-benar parah dimana kelincinya seluruh tubuhnya dipenuhi oleh scabies hingga bulu kelincinya tidak ada alias botak. Dan itu butuh waktu sekitar 2 bulan penuh untuk membuat kelinci seperti sedia kala. Paling tidak, scabies nya sudah tidak ada lagi, walaupun bulunya masih belum tumbuh secara total.

Perawatan yang baik dan benar dan rutin megobati kelinci akan mempercepat kesembuhan si kelinci itu sendiri. Bukan hanya tentang obat, tetapi tentang kebersihan dan ketelatenan kita sebagai pemiliki hewan peliharaan yang bertanggung-jawab.

https://www.instagram.com/p/Bf3N50mnN45/

Konsultiasikan kesehatan kelinci kamu ke dokter hewan kepercayaan kalian atau bisa menghubungi seseorang yang memiliki pengalaman merawat kelinci yang sedang scabies.

51 comments

  1. Royce seanly

    Kelinci sy berumur 5bulan sy suntik scabies. Disuntikan k 2x sy lihat malah tambah kurus pdhal kelinci nya juga gk mencret, kelinci nya masih mau makan. Seperti nya obt wormectin nya kalah cepat dgn scabies nya, kelinci jadi oleng. 2 hari malah rip pdhal sdh rajin obatin sesuai dosis.

    1. Halo, jika kelinci dalam keadaan kurus berarti ada masalah juga dengan pencernaannya. Scabies menyerang kelinci dan memakan nutrisi kelinci melalui darah yang dihisap sehingga kelinci akan anemia dan menyebabkan kelinci kehilangan nafsu makannya. Kebanyakan orang mengira kelincinya “masih mau makan” padahal kelinci sebenarnya dalam kondisi lemah dan hanya sesekali mengunyah. Kondisi kelinci seperti ini harus dibantu dengan memberikan makan secara manual ke kelinci dengan bantuan critical care, makanan pengganti di saat kelinci sedang sakti dan tidak mau makan. Dan juga, dosis wormectin harus disesuaikan dengan berat badan dan kondisi terkini si kelinci. Dosis yang berlebihan akan membuat kelinci overdosis obat dan kelinci akan lemas.

  2. hallo kak mau nanya, kelinci saya pas hamil terkena scabies di telinga dan kaki, tidak saya obati sampai melahirkan, ketika anaknya berusia 5 hari beberapa ekor dibagian telinga dan kaki nya ada semacam kerak tipis apakah itu juga termasuk scabies? kalo iya bagaimana cara mengobatinya? terima kasih atas jawabannya

    1. Pada bayi kelinci yang tertular scabies, kamu bisa mengolesi sedikit dan secara tipis obat scabies menggunakan cotton bud.

  3. Pengalaman Kelinci aku kena scabies dan lumayan ada di kuku ,hidung ,telinga. Aku olesin ramuan buatan sendiri garam,bawang putih, minyak goreng. Lumayan mengering lukanya, tapi belom rontok scabiesnya. Alhasil 3 hari setelah itu aku suntik sendiri pke wormectin dg dosis 0,2ml ini sekarang tinggal menunggu hasilnya

    1. Semoha kelinci kamu sembuh dan sehat selalu ya.

  4. Hallo kk mau tanya seputar penyuntikan kelinci, kan itu penyuntikan dibawah kulit, suntuknya itu dibagian yang terkena scabies atau bebas dibagian tubuh mana saja kk, terimakasih

  5. Halo kak, kelinci aku kena fur mites udah pernah sembuh sekara kena lagi, untuk pengobatan bisa si suntik wormectin 1x seminggu? Terimakasih

    1. haloo kak, untuk fur mites bisa juga disuntik dengan wormectin 1x seminggu, akan tetapi karena fur mites hidup di bulu hewan peliharaan, akan lebih baik dikombinasikan dengan obat luar dan mandi.

  6. Halo kak, apakah kelinci yang umur 2 bulan boleh di suntik scabies?

    1. Haloo, tentu saja boleh. Dosis suntikan akan disesuaikan dengan berat badan si kelinci.

  7. kak alat suntik sekali pakai ato bisa d pakai berulang Kali ?

    1. Halooo, 1 jarum suntik untuk 1 kali paki, jangan dipakai lagi yahh.. nanti bisa menyebabkan infeksi.

  8. Kaa kelinci ku umurnya 3 bulan, bleh d suntik wormectin gak, kalo boleh dosisnya berapa ka… Mksihh🙏🙏🙏

    1. Bolehh dong… dosisnya disesuaikan dengan berat badan kelinci yahhh..

  9. Kaa kelinci umur 3 bulan boleh di suntik wormectin gak, berapa dosisnya kaa, ini yang kena sela jari sama telinga si ka… 🙏🙏

    1. Boleh disuntik yahhh.. tapi sedikit aja.. Jika kamu tidak punya keahlian dalam menangani kelinci sakit, akan lebih baik menyerahkannya ke dokter hewan atau orang yang lebih mengerti. Rawat kelinci dengan telaten, jaga kebersihan kandang, dan pastikan asupan nutrisi untuk kelinci terjaga. https://wa.me/6285777800086

  10. Ak bawa kelinciku 2 kedokter hewan, habis disuntik, yg satu sih ada gejala sembuh, tp yg satunya malah lumpuh seminggu ga tega akhirnya dikasih makan ke ular deh.
    Sejauh ini ak bawa 4 ekor kelinci untuk disuntik scabies, 2 mati 2 sembuh.

    1. Wah, kasian sekali si anabul.. pastikan kamu merawat kelinci yang sedang sakit dengan telaten yah. Kebersihan kandang juga harus diutamakan, bersihkan kandang sehari sekali. Berikan makanan bergizi seperti pelet berkualitas bagus dan rumput hay. Hindari sayur sayuran yah. Jika butuh bantuan merawat kelincinya, bisa ke toko kelinci Bakpao Rabbit yah. https://wa.me/6285777800086

  11. obat scabies kelimci yang paling ampuh apa ya kak? soalnya bingung mau beli yang mana, kalo wormmectin itu emang harganya rata2 belasan ribu?

    1. Halo, semua obat scabies yang beredar di pasaran bisa digunakan untuk mengobati kelinci kamu yah. Kamu bisa menggunakan obat oles yang berbahan ivermectin. Jika kelinci kamu sedang scabies parah, lebih baik bawa ke dokter hewan atau ke toko kelinci Bakpao Rabbit untuk penanganan lebih lanjut. https://wa.me/6285777800086

  12. Merry Angelina Putri

    Kelinci ku baru bgt sore td disuntik scabies min, kata dokternya scabies ny udh lumayan parah jd hrs tepat smjnggu sekali disuntiknya. Hari ini baru suntik pertama kali, tapi sampe tengah malem ini stlh disuntik sore td dia jd lemes trs gerak reflek nggak jelas gt. Nggak mau makan sm skali dr plg dr suntik pdhl sblmny makan ny lahap bgttt. Efek dr suntiknya apa gmn ya min?:(

    1. Jika kelinci sudah parah scabiesnya, biasanya memang berefek tidak mau makan karena scabies itu membuat gatal dan sakit di seluruh tubuh kelinci lho. Bukan karena obatnya, tetapi memang kelinci sedang dalam keadaan yang cukup parah dan membuat nafsu makan turun. saran saya coba gunakan makanan pengganti seperti critical care dari Oxbow

  13. Pagi min.. dosis kepromec brp ya?

    1. Halo, maaf baru sempat membalas yah. Untuk dosis kepromec, paling bagus sebenarnya cukup 2 – 3 tetes saja sekali penggunaan.

      1. halo ka, kelinci aku kena scabies juga cuma usianya masi 3/4 bulan, ga masalahkan buat di suntik wormectin? apakah bakal ada efek sampingnya karna dia masih kecil?

        1. Halo kak, kelinciku kena kutu kucing yg lumayan parah, bisa tolong sarankan shampoo mandi yg bisa membasmi kutu dan telurnya juga? Katanya wormectin bisa juga ya untuk membasmi kutu tersebut apa benar?

          1. Hai, saran mimin, ketika kelinci kamu sedang terkena masalah kutu, kamu harus fokus kepada menghilangkan kutunya dahulu, gunakan obat kutu tetes agar kutu mati, setelah dirasa sudah berkurang, baru bisa dimandikan.

        2. Halo… iya gak masalah. boleh disuntik. Bisa datang ke toko untuk pengobatannya. Terima kasih

      2. Kepromec yg injek min……

        1. Gunakan 0.02 ml \ kg berat badan sudah cukup

  14. Lebih manjur mana min, suntik atau minum + oles, trs kalo suntik apakah kelincinya sudah kebal scabies atau masih bisa kena lagi ya? Thx

    1. Bang maron

      Kak Kelinci sehat di suntik wormectin aman gk kak..?? Buat jaga2

      soalnya dikadang sebelahnya terkena scabies dan sudah sya suntik skrg dlm masa penyembuhan..

    2. Halo, maaf yah baru sempat membalas. Sepengalaman mimin, baik suntik atau minum dan oles, semuanya bermanfaat untuk penyembuhan kelinci scabies. Tapi dengan pengobatan sistem suntik, pengobatannya lebih merata karena diobati dari dalam. Berbeda dengan oral yang harus melewati pencernaan dahulu dan oles yang hanya berpusat di satu titik saja, sedangkan scabies ada di seluruh tubuh kelinci.

  15. beverly

    malam min, kelinci sy holland lop 3 bulan udh 4 kali suntik sempat membaik tapi malah numbuh lagi udh berjarak 2-3 minggu belom disuntik lg krn sy takut terlalu banyak suntik tidak baik. akhirnya saya kasih revolution yg ditetes di tengkuk kepala kelinci. tp tidak terlalu ngefek, apakah harus suntik lg ya? terima kasih

  16. Kalau sudah di injeksi apa boleh menyemprotkan obat semprot d bagian yg berkerak

    1. Hai, maaf yah mimin baru sempat membalas. Bisa banget.. kamu bisa menyemprotkan obat khusus scabies di bagian yang terinfeksi. itu bisa membantu mempercepat penyembuhan, akan tetapi, suntik saja sudah cukup kok.

  17. Harusnya dosis yg tepat untuk kelinci bb sekitar 2kg berapa ya min? 0.2ml kebanyakan nggk sih min?apa itu termasuk over dosis? Kalau terlanjur 0.2ml/ minggu gimana min

    1. Hi, maaf yah mimin baru sempat membalasa. Normalnya bukan 0.2 ml per kg, tetapi 0.02 ml per kg.

  18. Ijin nanya min. Kelinci saya seperti ada kerak di dalam lubang telinganya. Di daun telinga dan badan tidak ada. Apakah itu termasuk scabies juga?

    1. Itu bisa jadi Ear Mites, masih satu kerabat dengan Scabies & Fur Mites. Bedanya, si Ear Mites ini menyerang bagian dalam telinga hewan. Pengobatannya sama dengan pengobatan Scabies. Semoga jawabannya membantu.

  19. kelinciku terkena scabies lumayan parah,anjuran temanku nyuntiknya 2 hari sekali dengan dosis 0,1/bb.
    aku kasih 0,2 tiap 2 hari sekali baru berjalan 2x suntikan min..

    mohon pencerahanya,bagaimana baiknya

    1. Kalau mimin sendiri, untuk suntiknya 1 minggu 1 x, maksimal 4x dalam sebulan. dilanjut lagi 2 minggu kemudian jika belum sembuh. suntik 2 hari sekali itu sangat berbahaya buat kelinci. Selain itu kelinci bisa kebal dengan obat scabiesnya, jadi scabiesnya gak sembuh sembuh (ini pengalaman pribadi mimin, ada kelinci yang kebal dengan obat scabies manapun, karena mungkin sebelumnya disuntik terlalu sering, sehingga pas kelinci kena scabies lagi, tubuh kelincinya tidak merespon khasiat dari obat injeksi tersebut, kelincinya hingga 1 tahun lebih tidak sembuh-sembuh). Dosisnya memang tergantung obat yang digunakan, jika menggunakan wormectin, bisa gunakan dosis 0.1 – 0.2 ml, jika kelincinya lebih kecil, bagusnya gunakan dosis yang lebih rendah. Sebenarnya dosis segini termasuk besar, karena dosis sebenarnya hanya sekitar 0.01 – 0.02 ml / kg berat badan. Tapi dari pengalaman, efek sembuhnya sangatlah lama. Semoga jawaban ini membantu, Terima kasih.

  20. Haloo kak, aku punya kelinci kena scabies jari2 dan kupingnya. Kalo aku suntik tiap 2 hari kira2 bisa ga ya? Habis bingung kak, di google ada yg bilang tiap hari ada yg bilang 3-4 kali seminggu. Lalu apa sebenernya scabies bikin gatal2 di kulit manusia? Terima kasih

    1. Jadi begini, kalau menyuntik kelinci 2 hari berturut turut, itu bisa bahaya buat kelinci, efek obat injeksi tersebut ada efek panas ketika disuntikkan ke kelinci. (serius, mimin pernah gak sengaja kesuntik dan panas di kulitnya). Dengan dosis yang tepat, alangkah baiknya suntiknya per minggu atau per 2 minggu. itu balik lagi sudah separah apakah scabies pada kelinci tersebut. Bisa juga dibantu dengan obat oles cair (bukan krim), nanti bisa dioles di sumber scabiesnya. Oh ya, scabies itu penyakit yang ada di manusia juga, biasanya kalau kita tertular dari kelinci (biasanya kalau kita sering kontak dengan kelinci yang sedang sakit scabies), itu di bagian kulit kita yang terbuka, semisal lengan tangan, akan terasa gatal-gatal, dengan bintik merah kecil-kecil. ini bisa diobati dengan obat kulit, minyak kayu putih, dan jangan lupa mandi. Kalau kita mandi teratur, dan memberikan pengobatan ke kulit kita yang terpapar scabies, itu akan sembuh dengan cepat. Terakhir mimin ngalamin, tangan gatal hingga perut, itu 4 harian baru hilang. itu terjadi karena mimin memang kontak langsung dengan banyak kelinci yang sedang sakit scabies. semoga jawaban ini membantu.

      1. dwie isasi

        KK mau nany…appnkelinci sya juga scabies ya..soalny kaki ny luka luka…Dhan mulutnya sudah mulai ksar …
        saya juga gtal gtal kk bdan sya dan paha…gmn cr mgatasinya..trimksih

        1. Halo Dwie Isasi, segera lakukan tindakan pengobatan yah. kamu bisa datang ke Toko Kelinci Bakpao Rabbit agar kelincinya diobati. Terima kasih sudah menghubungi. Jika butuh pertanyaan, hubungi : https://wa.me/6285777800086

  21. Fuzzy lop ku di suntik scabies terus udh mulai rontok kak, belakang telinganya luka & botak.. Skrg udh ngga, gemes bgt liat ky ketombe mruluk wkwk…
    Aku semprort flea dr racoon, boleh gk dicukur terus dimandiin 1x aja biar d groomingnya keliatan si ketombe” scabies

    1. Semoga kelincinya lekas sembuh. Nah, itu namanya Fur Mites jika melihat ketombe-ketombe kecil di sekitar bagian punggung. Masih satu keluarga dengan scabies. Pengobatannya pun hampir sama. Sebenarnya lebih bagus jika dicukur dahulu , jadi sisa sisa ketombe tersebut hilang dan telur telur fur mites juga hilang. Nanti bisa juga jika sudah dicukur dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Tapi tanpa cukurpun bisa dimandikan dengan shampo perawatan kulit. Kamu bisa ke Bakpao Rabbit untuk memandikan kelinci dan bisa pilih grooming perawatan kelinci scabies disini : https://bakpaorabbit.com/product/grooming-perawatan-scabies-kelinci/

  22. Spierzieg

    Ijin tanya kak.Kelinci aku scabies nya udah sampai kaki,ekor, hidung,telinga untung tingkat keparahan seperti itu dalam seminggu suntik nya berapa kali ya?Terimakasih

    1. Halo, sebenarnya separah apapun kelincinya, tetap untuk penyuntikannya disarankan paling cepat adalah 1 minggu 1 kali. lakukan hingga sembuh. Maksimal hingga 5 kali suntik. Jika belum sembuh, delay dahulu 2 minggu, baru suntik kembali. Semoga membantu. Jika butuh bantuan, hubungi whatsapp : https://wa.me/6285777800086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *